Sabtu, 19 Januari 2019

Takaran Pemberian ASI yang Sesuai dengan Usia Bayi

Penting untuk memperhatikan kualitas ASI yang diberikan pada bayi. Selain memastikan nutrisi yang ada di dalam ASI, Anda juga perlu memastikan berapa ML bayi minum ASI setiap harinya. Jangan sampai bayi kekurangan nutrisi karena akan mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangannya. Ini takaran pemberian ASI yang sesuai usia bayi untuk menjadi acuan.

Takaran Pemberian ASI yang Sesuai dengan Usia Bayi

1.      Usia 1 Minggu
Takaran pemberian ASI kepada bayi pada usia 1 minggu dibagi menjadi dua waktu. Pertama, usia bayi baru lahir yaitu satu hari dengan takaran 5-7 ml. Pada saat baru lahir ini bayi masih menyesuaikan diri dengan area payudara dan baru belajar untuk bisa menghisap ASI dari puting payudara.

Takaran ini masih sangat sedikit juga karena lambung bayi masih berukuran sangat kecil. Kedua usia bayi yang sudah 3 hari, takaran ASI yang dibutuhkan jauh lebih meningkat sekitar 22-27 ml ASI untuk sekali pemberian ASI. Perbedaan takarannya sangat jauh karena lambung bayi sudah mulai berbentuk dan melebar. Ketiga usia bayi yang sudah 1 minggu pas akan membutuhkan ASI dengan perkiraan 45-60 ml dalam satu kali menyusuinya.

2.      Usia 1 Bulan
Setelah bayi berusia satu bulan estimasi takaran ASI yang dibutuhkan adalah 80-150 ml untuk satu kali menyusui. Pemberian ASI diberikan kepada bayi sebanyak 8 sampai 12 kali sehari. Hanya saja ketika bayi tidak memenuhi takaran yang ada, Anda tidak perlu memaksakannya karena setiap bayi memiliki kebutuhan yang berbeda-beda.

Berapa ML bayi minum ASI akan jauh berbeda dengan takaran susu formula karena ASI lebih mudah dicerna. Hal ini membuat bayi menjadi lebih sering merasa lapar. Makanya konsumsi ASI dibutuhkan dengan rentan waktu yang dekat.

Semakin sering memberikan ASI kepada bayi juga akan semakin meningkatkan produktivitasnya. Estimasi takaran ASI untuk usia 1 bulan ini akan bertahan sampai bayi berusia 6 bulan. Takarannya tidak akan jauh berubah selama rentan usia tersebut.
3.      Usia 6 Bulan
Takaran di usia 6 bulan dengan estimasi 720-840 ml per hari, meskipun sudah diberikan makanan pendamping ASI. Kebutuhan asupan gizi bayi meningkat sesuai dengan aktivitas dan pertumbuhan juga perkembangannya. Jangan sampai bayi mengalami kekurangan asupan di usia ini karena pada usia 6 bulan ke atas tubuh bayi akan lebih aktif bergerak.

4.      Usia 7 sampai 9 Bulan
Pada usia ini bayi sudah mulai merangkak dan menjadi semakin aktif. Takaran ASI yang dibutuhkan sekitar 900-960 ml dengan pemberian ASI 4 sampai 6 kali sehari. Di tahap inilah Anda juga perlu mengonsumsi banyak makanan bergizi agar ASI tetap diproduksi dengan jumlah yang banyak dan memenuhi kebutuhan bayi.

5.      Usia 10 sampai 12 Bulan
Takaran untuk bayi dengan usia menjelang 1 tahun ini akan mengalami menurunkan untuk mengonsumsi ASI yaitu 550 ml per hari. Ini dikarenakan bayi sudah mengonsumsi lebih banyak makanan pendamping ASI. Tekstur makanan di usia ini juga sudah lebih padat dari sebelumnya. Anda tidak perlu merasa khawatir, karena sudah ada nutrisi dari MPASI yang diberikan.

6.      Usia 12 sampai 24 bulan
Bayi tetap mengonsumsi ASI di usia ini dengan takaran yang semakin sedikit yaitu hanya sekitar 100-150 ml dalam satu hari. Pemberian ASI pun hanya 3-5 kali dalam sehari. Ini hal yang wajar karena bayi sudah semakin banyak mendapatkan nutrisi dari makanan lainnya.

Berapa ML bayi minum ASI setiap hari juga dipengaruhi oleh ketelatenan Anda untuk memberikannya. Saat memberikan ASI carilah posisi yang nyaman agar bayi dapat menghisap ASI dengan tenang dan lahap.