Jumat, 19 Juli 2019

7 Tips Aman Liburan Solo Traveling

Traveling sendirian bikin takut, tapi kamu bisa tetap aman dengan mengikuti tips liburan solo traveling dengan menggunakan pesawat ke destinasi wisata impian yang kamu dambakan.

Kalau kamu sering melihat unggahan di sosial media seputar perjalanan, kini solo traveling bukan hal aneh lagi. Sudah banyak orang-orang yang senang melakukan solo traveling baik ke tempat wisata mainstream, maupun ke tempat yang jarang didatangi. Kamu ingin mencoba traveling sendirian tapi masih takut? Yuk, mulai dari sekarang agar kamu tidak takut untuk solo traveling menggunakan pesawat. Beberapa tips aman liburan solo traveling ini akan tetap menyenangkan, kok.

 7 Tips Aman Liburan Solo Traveling

1. Riset tempat yang ingin dikunjungi
Hal pertama yang penting dilakukan adalah riset tempat liburan tujuan. Riset menjadi hal utama, agar kamu memiliki bayangan tentang kota yang akan didatangi. Riset ini mencakup tempat yang ingin dikunjungi, transportasi dari dan menuju ke sana, makanan yang cita rasanya bisa diicip, sampai kalimat penting dalam bahasa lokal.

Misalnya, kamu memutuskan solo traveling ke Jogja pastikan untuk cek harga tiket online pesawat update agar bisa memilih jadwal penerbangan yang akurat. Nah, kamu juga perlu mempelajari bahasa lokal ketika sudah sampai di kota tujuan. Ungkapan penting, seperti terima kasih, tolong, dan maaf perlu dipelajari agar kamu tidak kesulitan jika harus berinteraksi dengan warga lokal.

2. Siapkan budgeting dan itinerary
Mengingat kamu akan traveling seorang diri, disiplin dengan anggaran dan rencana perjalanan adalah hal penting berikutnya. Dalam itinerary atau rencana perjalanan, pastikan kamu sudah membuat seara detail, mulai dari bangun pagi sampai kembali ke penginapan ketika malam harinya. Buat juga rincian transportasi untuk perpindahan tempat dari destinasi wisata satu ke lainnya dan ongkos yang harus dikeluarkan.

Meski kamu sudah membuat jadwal perjalanan, tidak ada salahnya untuk mencoba hal baru yang tidak terduga selama di jalan. Misalnya, ketika kamu diajak oleh masyarakat lokal berkunjung ke suatu tempat, kamu tetap bisa ikut agar mendapatkan pengalaman baru. Namun, kamu juga harus tetap waspada, ya.

3. Memisahkan uang tunai dan dokumen penting
Saat kamu akan melakukan solo traveling dan bingung memulai packing, awali dengan memisahkan dokumen penting dan uang tunai yang akan sering dikeluarkan ketika perjalanan. Jangan simpan uang dan kartu ATM di dalam dompet yang sama. Pisahkan menjadi beberapa bagian, lalu simpan di tempat berbeda. Untuk dokumen penting, seperti paspor, KTP, SIM dan lainnya, foto atau scan sebagai langkah pengamanan bila mengalami kejadian tidak terduga, seperti kehilangan tas.

4. Mencatat nomor penting yang bisa dihubungi
Sebelum kamu berangkat, pastikan sudah menyimpan kontak penting yang akan dihubungi selama perjalanan dan ketika sudah sampai di tempat tujuan. Misalnya, nomor telepon penginapan, orang terdekat, dan mengunduh aplikasi untuk memesan transportasi online agar mempermudah ketika di perjalanan.

Kalau kamu ingin lebih aman lagi, bisa catat nomor telepon di kertas atau buku catatan yang akan dibawa kemana pun ketika sedang perjalanan. Meski terkesan manual, buku catatan akan sangat membantu ketika kamu kesulitan mencari ponsel.

5. Packing seminimal mungkin
Untuk solo traveler, usahakan packing sesimpel mungkin dan mengurangi barang bawaan. Ini perlu dilakukan agar mempermudah kamu ketika berjalan ke penginapan atau berpindah kota. Kamu bisa mencoba menyimpan pakaian di kompartemen 6-in-1 pouch untuk memisahkan pakaian sesuai dengan kelompoknya. Kamu juga bisa memanfaatkan mesin cuci di penginapan atau mencuci sendiri ketika waktu senggang.

6. Bawa obat-obatan untuk alergi
Ketika kamu solo traveling, kadang ada kondisi yang membuat kamu harus menolong diri sendiri, tanpa bantuan orang lain. Nah, menjelajahi kota di Indonesia dengan aneka ragam makanan kadang agak tricky. Ingin mencoba, tapi takut alergi kambuh. Saat inilah obat-obatan yang sudah kamu persiapkan. Kamu bisa menjadikan obat alergi ini sebagai perlindungan pertama saat kamu merasa tubuh kurang sehat setelah mengonsumsi makanan.

7. Tetap mengabari keluarga dan teman
Kadang kamu terlalu asyik menikmati waktu sendiri ketika sedang solo traveling, tapi jangan lupa untuk mengabari teman dan keluarga, ya. Kamu bisa mengabari lewat sosial media tempat yang sedang didatangi, seperti apa kondisi kamu ketika sedang di sana. Bisa juga lewat pesan singkat lewat aplikasi chatting, memberitahu kamu tempat menginap dan bersama siapa di perjalanan. Ini akan memudahkan orang rumah untuk menghubungi ketika ada keadaan darurat.

Nah, kalau sudah mempersiapkan beberapa hal tadi, tidak perlu takut lagi untuk solo traveling deh!